Bagaimana bila kartu ATM kita hilang?

Udah lama banget gak posting artikel penting. Belakangan blogging isinya curhat sama pelampiasan emosi jiwa terooooss… ^^v kali ini mau post yang agak penting ah.

Kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kita (tidak terbatas pada kecelakaan lalu lintas saja). Salah satu kecelakaan yang mungkin menimpa semua orang (nasabah bank – pake majas sinekdoke pars pro toto *klo gak salah*) adalah kehilangan kartu ATM. Seperti yang kualami hari ini… hiks… inilah kisah sedihku.. huhuhu… lho?? Kepancing curhat lagi. Hahaha.. gak boleh.. lanjut!!!

Oke, sekarang, aku sok pinter n’ sok nasehatin dikit yah.. :D yang harus kita lakukan saat kartu ATM kita hilang adalah :

1. Jangan panik!! Karena kepanikan akan menurunkan kemampuan berpikir kita dan membuat kita tidak focus terhadap solusi.

2. Cari lagi perlahan2, ingat2 kapan terakhir kita melihatnya, tapi nyarinya jangan sambil panic dan jangan kelamaan juga, pikirkan hal terburuk yang bisa terjadi dengan uang di rekeningmu.

3. Klo ga ketemu, segera blokir kartu ATMnya untuk mengamankan saldo kamu dari pencurian yang mungkin saja terjadi, ingat, kartu ATMmu mungkin saja sedang berada di tangan orang yang bisa memanfaatkannya. Kita bisa melakukan blokir dengan menelpon ke call centre bank kamu. Contohnya ke Bank Mandiri yah, aku telpon ke 14000 dan ikuti petunjuk rekaman, seingatku pertama pilihan bahasa, masuk ke bahasa Indonesia tekan 1, trus keluhan customer tekan 1, kehilangan kartu tekan 1. Nah, kita akan terhubung dengan operatornya secara langsung. Kita akan ditanya informasi2 berikut ini untuk proses pemblikiran kartu :

a. Kartu hilang atau tertelan mesin ATM? Dimana?

b. Nama lengkap

c. Nomor rekening

d. Tanggal lahir

e. Alamat lengkap

f. Nama ibu kandung

g. Perkiraan saldo terakhir dan transaksi terakhir

Setelah menyesuaikan data2 tersebut maka pemblokiran dapat dilakukan

4. Buat kartu ATM baru (klo Bank Mandiri, bisa dilakukan di cabang Bank Mandiri manapun dengan biaya pembuatan kartu baru Rp 15.000) dengan menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut :

a. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian

b. Buku Tabungan rekening kamu

c. Karti identitas (biasanya KTP)

Tunggulah dengan sabar sampai kartu ATM baru selesai dibuat

5. Tersenyumlah karena masalah sudah teratasi dan kamu punya kartu ATM baru yang tentunya lebih berkilau. ^^

Nah, setelah memberikan informasi penting, sekarang aku boleh curhat yaaaa??? :P Kehilangan kartu ATM di saat kita butuh melakukan banyak transaksi is sangat-sangat WTH WTH and WTH banget. Hari ini aku harus melakukan transaksi pembayaran melalui ATM. Sampai di depan mesin ATM, aku keluarin dompet. Lho?? Kartu ATM saya kok gak ada??… waaahh.. kirain ketinggalan… langsung balik ke rumah (transaksi darurat), ubek2 kamar, gak ketemu. Ya sudah, aku bermaksud transfer manual lewat Bank menggunakan buku tabungan. Belom pernah sih transfer di Bank yang gak tunai (mikir : “bisa gak yah?”)

Menuju lah Bank cabang terdekat (bukan ditempat aku membuka rekening) yang jaraknya lumayan juga sih. Masuk dan seperti biasanya disapa satpam yang ramah dan ditanya keperluannya, “saya kehilangan kartu ATM dan saya mau transfer sejumlah uang menggunakan buku tabungan saya” trus dijelasinlah peraturannya dimana aku harus antri dulu ke customer service untuk lapor, trus nanti customer service harus konfirmasi dulu ke Bank dimana aku membuka rekening. Itu masih harus nunggu dan ngantri lagi. Nunggu konfirmasinya paling cepet 30 menit (wadowh). Setelah itu baru aku bisa melakukan penarikan dan transfer ke rekening tujuan tentunya dengan mengantri lagi di teller. Huaaaaa….

Sang sekuriti yang baik hati kemudian menyarankan agar aku langsung ke Bank tempat aku buka rekening agar prosesnya lebih cepat dan aku pun meluncur kesana… (tentunya menempuh jarak yang lebih jauh), dan ternyata…. antriannya banyak banget, ya secara Bank tempat aku buka rekening itu termasuk cabang yang lumayan besar dan rame. Matilah… untung, setelah beberapa saat aku menunggu dan masih harus menunggu lama lagi, hapeku bergetar (klo dalem Bank hapenya digetar aja, klo bunyi ntar malu, hihihi), dan malaikat penyelamatku bicara “MAMA” hahaha…. Tanpa mama sempat bilang apa2, aku langsung memburu begitu telpon kuangkat.

Aku : “Ma, kartu ATMku ilang”

Mama : “Lho, kok bisa? Trus gimana? Bikin baru dong?”

Aku : “Ya, ini lagi kuurus, tapi harus pake surat keteragang kehilangan, ini yang penting aku mau transfer dulu, mau bayar.”

Mama : “Ya, udah biar mama yang bayarin dulu klo gitu, tapi ntar diurus ya, yang penting lapor dulu biar aman uangnya.”

Aku : *merasa sangat senang, coba gak banyak orang, nari2 deh, wkwkwk* “Wah, makasih banget ma, klo gitu aku blokir kartu aja dulu lah”

Karena ini cuma masalah blokir kartu, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan pemblokiran via telpon. Yiepp.. begitulah.. ^^ dan akhirnya aku hanya harus mengganti uang mama setelah aku membuat kartu ATM baru. Thanks mum.. :D Aku sampai lupa menanyakan mamaku telpon untuk apa, kayaknya sih seperti biasanya, cuma ngecek :D

Thanks for visiting my blog ya.. keep coming.. ^^

35 thoughts on “Bagaimana bila kartu ATM kita hilang?

  1. mba masalahnya yg ilang kartu atm bibi saya, waya dimarahin…………..trus yg lbih prah ilangna pas aku lgi g pulang ke rumah. n yg lbih prah klwrga sya lom prnah urusan ma polisi jadi rsanya takut2 gmna gto…………..smpe skrng ku pusing nih mba.

    • klo cuma lapor kehilangan dan bikin surat kehilangan, ga bakal diapa2in kok sama polisinya.. tenang aja.. :D kan gak melakukan tindakan kriminal..

    • sama nih kayak temen beberapa waktu lalu.. ckckck.. kayaknya doi paling repot ngurus stnk katanya.. kalau punya fotokopinya lebih gampang katanya.. makanya saya punya cadangan fotokopi stnk buat jaga2.. :D

    • gapapa, waktu bikin surat kehilangan, sekalian aja untuk atm dan buku tabungan.. nanti waktu ngurus ke bank, ditanyain lagi identitasnya dan dicocokkan sama identitas yang udah terdata di dokumen bank.. bisa dibalikin lagi kok.. ntar dikasih buku sama kartu baru.. :D

  2. Sama la nasib kita malang bener :(
    tp klau aku yg hilang ATM ortu aku ,yg menghilangkan aku sendiri karena ketinggalan ATM nya dimesin ATm .
    terpaksa la mesti aku yang ngurus :(

    • wah.. kartunya ketelen atau gimana?? dilema banget kalau ketelen gitu, sempet sih dulu, ortu (bapak) juga ketelen kartunya, jadi kudu nungguin, soalnya kalau ditinggal takutnya ntar bisa disalahgunain, waktu itu terpaksa nungguin petugas bank dateng.. untung kejadiannya siang (pas bank masih buka) dan untungnya kartunya bisa keluar lagi.. waktu itu katanya eror karena kartunya emang ada bagian yang patah, tapi masih bisa dipake.. akhirnya disaranin bikin kartu baru.. :D

    • kalau jujur bilang lupa naruh sih, kayaknya bakal disuruh nyari ulang deh.. aku saranin sebaiknya kalau lupa naruh, waktu bikin surat kehilangan, bilang aja atmnya jatuh atau kececer di jalan.. jadi tetep bisa dapet surat keterangan kehilangannya.. tapi kalau masih mau nyari ya cari aja dulu :p :D kmaren pacar juga sempet kehilangan kartu atm gara2 keselip.. pas udah bikin yang baru, eh, ternyata ketemu.. :D tapi udah ga bisa dipake lagi sih.. hehe..

  3. kalau lapor minta surat keterangan dari polisi harus orang yang bersangkutan ya?kalau diwakilkan? (ini untuk lapor ke polisi ya bukan un-blokir di bank yg harus yang bersangkutan :D)

    • kayaknya yang perlu lapor ke polisi itu, orang yang ngilangin deh.. hehehe.. :D menurut pengalaman temen yang kehilangan dompet berikut ktp, sim, stnk (STNK bukan atas namanya, tapi atas nama ortunya), bisa diurus sama dia kok..

    • kartu atm-nya masih? lapor saja ke bank. kalau buku hilang bisa diganti kok. kan data2nya masih. jangan lupa bawa kartu identitas waktu melapor :D

  4. Tapi klo bikin baru lamaaaaaa,,,ni aku uda pulang dulu ktnya nunggu tlp dari bank tmpat bikin rkning,,,uda ada tlp dri bank tmpat bikin rkning trus balik lagi ke bank nya,,,ehhhh org bank nya bilang ga percaya kita uda dpt tlp dari bank t4 bikin rkning.suruh nunggu lagiiii lamaaaa lgi
    Waduuuhhhhh

  5. kalau misal ga pake surat kehilangan gitu bisa ga ya?
    soalnya atm nya lupa hilang dimana,kayaknya sih kececer dijalan..hhehehe

  6. aq baru aja kehilangan SEKARANG BUKAN KEMAREN…..SEKARANG ……mumet ndasku…..nglapor ke polisi pulak,,,bah…malah ketangkep pulak motor ku nanti bah…..pusing bah…bah .

  7. Bro n sist
    Ogud mo nanya niih, dompet ogud ilang, kalo udh dapet surat keterangan hilang dari polisi, truss klo k mandirinya bisa ga klo bawa surak kehilangn, buku nasaba, sama foto cofy ktp aja..
    Thank’s

  8. mau nanya,kalo kita ngeblokir atm nya lgsung lewat bank,misal nya kita punya rekening mandiri cbang padang,trus ngeblokirnya lewat bank mandiri cbang bukittinggi bisa nggak? trus kalo atm nya udah d blokir,apa masih bsa rekening tsb menerima transferan?

  9. dompet aku juga hilang ni , aku ngurus atm mandiri pakai ktp fotocopy masak gak bisa ! , padahal ada buku tabungan . trus gmna ya ?

Leave a Reply

