Baju Kusam Kembali Cemerlang?

Standar

Kita sebagai mahasiswa yang notabene juga anak kos pasti sering dihadapkan soal mengurus diri sendiri dari mulai bersih-bersih, masak, nyuci, etece, etece (yang gak berarti manja, hehe..).

Mungkin banyak diantara temen-temen yang punya masalah dengan baju yang jadi kusam karena keringet, kotoran, mungkin telat nyuci atau karena nyucinya kurang bersih. Maka, disini aku akan membagi pengalamanku soal membuat baju kusam kembali cemerlang.

Dulu waktu masih kecil, aku suka sekali citrun, sejenis permen yang berupa serbuk, rasanya kecut-kecut, asem-asem, manis, tapi enak gitu. Citrun berbahan dasar asam sitrat atau citric acid yang banyak diaplikasikan sebagai penambah rasa asam pada sirup atau jajanan anak-anak. Awalnya asam sitrat ini keliatan biasa aja, sampai ibuku membagi pengalaman yang dulu ditularkan tetangga sebelah tentang rahasia dibalik kekecutan asam sitrat itu. Wanna know? Sabar..

Asam sitrat bisa kita gunakan sebagai pengembali kecemerlangan baju kusam kita. Caranya, cuci baju seperti biasa, kemudian rendam dengan larutan asam sitrat. Takarannya kira-kira 1 sendok makan untuk 1 sampai 2 liter air tergantung tingkat kekumalan baju. Lama perendaman sekitar 2 jam atau bisa lebih lama tergantung juga. Setelah itu bilas bersih, trus dijemur, klo kering diangkat, trus disetrika…haiyah…lempar sendal…

Amati apa yang terjadi…tarra….wow…. Sebelumnya aku juga ga percaya, tapi setelah kucoba sendiri dan berhasil, aku yang baik hati tapi agak sombong ini kemudian jadi pengen banget berbagi cerita dengan kalian.

Asam sitrat atau citric acid merupakan asam lemah organic yang bekerja dengan melarutkan atau lebih tepatnya mengikat lemak-lemak yang menjadi tersangka utama penyebab kekusaman pada baju kita. Asam sitrat aman digunakan untuk baju putih maupun berwarna karena ga akan melunturkan warnanya. Food grade lagi, diminum airnya aja ga knapa-knapa (asal ga bekas rendaman cucian aja yang diminum).

Tips dari aku, untuk hasil yang lebih efektif pada baju putih, kita bisa menambahkan sedikit cairan pemutih (bleach) ke dalam rendaman asam sitrat.

Asam sitrat berbentuk serbuk bisa kalian peroleh di pasar swalayan atau tradisional, biasanya dijual dalam partai kecil dengan kemasan sachet. Aku punya tips lagi, untuk hasil lebih maksimal, sebaiknya gunakan asam sitrat berbentuk larutan yang bisa kalian peroleh di toko bahan kimia. Bagusnya sih yang bermerek “BC” (inisial aja, ga berani sebut merek). Bisa dibeli langsung di toko BCnya juga. Baik yang berbentuk serbuk maupun yang larutan (asal yang merek BC lho, yang lain aku gak tau), dua-duanya food grade kok, jadi aman-aman aja. Selamat mencoba ya, dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman kalian disini. Terimakasih sudah mengunjungi blogku.

28 thoughts on “Baju Kusam Kembali Cemerlang?

  1. tris

    huahahahaha knp ga buka usaha jual asam sitrat aja????kayakna bakalan laris tuh skr kan lg krisis global jd sepotong baju pun berharga. so good information….Btw Bc pasti mahal kan apalagi sekali konser bisa jutaan toe (BC= Bunga Citra L)🙂

    • ary dhamayanti

      Asam sitrat udah banyak yang jual kalee sist… Ga bakal bisa nyaingin aku…. BTW, dah nyobain belom?

    • ary dhamayanti

      kayaknya sih ada asam sitrat di supermarket gitu, biasanya bareng sama bahan2 untuk buat kue

  2. Renaldo

    contoh barang asam sitrat kyak mana kk?
    oia,,, kepanjangan ”BC”(merek asam sitrat) pa?
    oia satu lagi klo di pake di jelana jeans bisa gk?
    mohon penjelasannya….
    TQ.

    • death queen

      asam sitrat klo yang di pasaran itu semacam bahan pembuat sirup, citric acid, tapi klo merek BC alias Brataco Chemical, nyarinya di toko bahan kimia.. umm.. klo untuk celana jeans ga tau sih alias belom penah nyoba.. yang selama ini aku coba dan efektif sih untuk baju putih.. maksudnya signifikan banget kliatan hasilnya..

    • Queen of Oranges

      wah, mass product apanya nih mas?? citric acidnya kah?? wah, boleh dong ikutan jadi marketingnya..🙂

  3. Hi Queen, aq sdh pernah coba pake asam sitrat itu tapi kayaknya harus tiap hari deh mencuci dgn asam sitrat (capeh dweeeeeh) karena rendemnya jadi lama biasa 30 menit aja. Trus kl sdh kering baunya yg gak nahan kok jadi apek ya? Jadi aq gak terusin lagi. Jadi dilema juga pilih baju kuning atau baju dgn bau apek…….? Kl ada saran lagi boleh….
    Thx ya…..

  4. Queen, aq sdh coba dgn asam sitrat hasilnya baju kok jadi bau apek ya? Gak enak bgt dan gak bisa hnya sekali langsung cemerlang bajunya jadi harus setiap cuci aq pake lagi, kan lama tuh rendemnya. Jadi dilema deh, mau baju apek atau kusam….😦

    • Ary Dharmayanti

      wah? masa sih? kalau dari pengalamanku, bajunya dicuci sekali langsung kincling.. emm.. ini cuma perkiraanku aja.. kalau bajunya bau apek, mungkin waktu mencuci sebelum merendamnya itu kurang bersih, jadi masih banyak sisa keringat atau lemak yang membuat bajunya jadi apek.. mungkin juga dosis asam sitratnya terlalu banyak.. oh ya, kualitas pencucian juga sangat tergantung dengan kualitas air.. kalau airnya sadah, jelas kita tidak bisa mengharapkan kualitas yang sebagus air normal.. air sadah kan memang cenderung membuat pakaian jadi kusam.. tapi ini hanya perkiraanku saja lho ya.. kalau memang dirasa asam sitrat ini tidak membawa manfaat, aku sarankan sih pemakaiannya dihentikan saja.. maaf banget slow respon, soalnya udah lama password blog ini kelupaan.. jadi ga pernah login.. (email yang dipake juga udah kelupaan paswordnya) :p anyway thanks banget kunjungan dan share pengalamannya.. mudah2an bermanfaat buat semua pembaca..

    • Ekky

      rendemnya pake air panas bro. kalo masih apek, bukan salah Citric acidnya , periksa yang apke bajunya xi xi xi

  5. Ekky

    Ada yang ngeganjel dikit nih, diatas tertulis agar lebih efektif bisa dicampurkan cairan pemutih sedikit. biasanya kan cairan pemutih itu bahan dasarnya Chlorine yang PH nya alkali sedangkan Citric Acid asam organic lemah , jika dicampur akan jadi netral ( apakah akan berfungsi ? ) dan akan membentuk lapisan garam di kain / baju. mohon penjelasanya ……thank you

  6. Ekky

    @ Sonya. : Saat ini ada yang jual dipasaran citric acid food grade dengan merek Bio Clean. fungsinya bisa juga sebagai chelating yaitu untuk menjernihkan air sumur / pompa yang apabila didiamkan akan menjadi kuning dan bau.
    sy biasa beli lewat telepon aja.
    No telponya : 022 91594404

  7. Ary… lama tak bersua di dunia maya, dan entah kenapa malah ketemu disini pas sy nyari artikel buat mutihin baju putih si bapake yg mulai kekuning2an..😀
    Bagaimana kabarnya? lama tak bertengger di beranda fb ku.. Apa kita dah ga berteman ya? *ga nyadar*
    semoga makin sukses🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s