Khasiat yang Tak Simpel di Balik Buah Apel

Standar

Apel berada di urutan teratas pada daftar buah kesukaanku. I like everything about Aple. Bentuknya, warnanya, teksturnya, aromanya, rasanya, bahkan suara “kress” di setiap gigitan. Mmm…so fine… Selain pesonanya yang begitu mempesona, ternyata ada banyak cerita menarik dibalik apel yang menarik ini (haiyah…).

Konon, nenek moyangnya manusia yaitu Adam dan Hawa terusir dari Taman Firdaus karena buah apel yang berwarna merah menggoda. Mitologi Yunani juga mencatat bahwa Paris menyulut kecemburuan para Dewa dengan mempersembahkan apel pada Dewi Aphrodite sehingga terjadi perang Troya. Sir Isaac Newton menemukan gravitasi setelah melihat buah apel yang jatuh. Bahkan Steve Jobs menamai produk komputernya Aple (mungkin Steve Jobs penggemar apel juga seperti aku). Wow….

Gak kalah dari sisi historis, dari segi kesehatan Apel jauh lebih mengagumkan. Pepatah Inggris menyatakan “An apple a day, makes the doctor away”. Bahkan gak cuma bikin dokter away, tapi makan apel juga bisa bikin cantik dengan kulit halus dan badan yang langsing (aku banget….heheheh…).

Nih kandungan gizi rata-rata untuk 100 gram buah apel :

Zat Gizi Jumlah terkandung
Energi 58 kal
Protein 0,30 gr
Lemak 0,40 gr
Karbohidrat 14,90 gr
Kalsium 6 mg
Fosfor 10 mg
Serat 0,70 g
Besi 1,30 mg
Vitamin A 24,00 RE
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin B2 0,03 mg
Vitamin C 5,00 mg
Niacin 0,10 mg

Dalam sistem pencernaan, apel memiliki banyak manfaat, diantaranya kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit tapi sekaligus juga bisa meredakan diare, cocok banget untuk yang berdiet karena apel juga bisa menurunkan nafsu makan. Fitokimia pada kulit apel bisa menurunkan resiko kanker usus sebesar 43%.
Untuk sistem peredaran darah, apel aman dikonsumsi karena hamper tanpa lemak dan kolestrol. Kandungan pektin dalam apel dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol darah bila berinteraksi dengan vitamin C. Fitokimia dalam apel dapat melawan kolestrol jahat (LDL), mencegah kerusakan sel-sel dan jaringan pembuluh darah, dan meningkatkan kolestrol baik (HDL). Apel mengandung sejenis asam yang disebut D-glucaric yang bermanfaat mengatur kadar kolestrol dan mampu kolestrol sampai 35%.

Untuk sistem pernapasan, apel memiliki kandungan flavanoid paling tinggi dimana zat ini mampu menurunkan resiko penyakit paru-paru sampai 50%. Konsumsi apel yang teratur akan membuat paru-paru berfungsi lebih baik karena fitokimia juga akan meredam efek negative oksidan yang merusak organ tubuh. Wah, pantes dari buku buku tentang yoga dan meditasi yang kubaca, banyak banget yang menyarankan konsumsi apel setiap hari untuk kesehatan pernapasan.

Untuk ketahanan tubuh dan pencegahan penyakit, sari buah apel bermanfaat melawan berbagai serangan virus dan meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A pada apel juga berfungsi menyembuhkan influenza dan infeksi lainnya, menjaga mata tetap dalam kondisi baik, dan mencegah kebutaan.

Apel mengandung tannin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan oleh tumpukan plak serta mencegah infeksi saluran kencing dan menurunkan resiko penyakit jantung.
Untuk wanita, boron pada apel apel sangat bermanfaat pada saat usia menopause untuk membantu mempertahankan kadar estrogen. Pada saat menopause, sering terjadi masalah-masalah seperti ancaman penyakit jantung dan pengeroposan tulang karena kurangnya hormone estrogen.

Untuk laki-laki, quacertin, sejenis flavanoid yang terkandung dalam apel dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostate.

Terakhir, khasiat apel yang belum ada penelitiannya, aku yang ngerasain sih. Buah Apel itu bisa ngilangin stress, menjaga aku tetap ceria, dan membuat hari-hariku jadi penuh kehidupan.

Hmm, thanks for visiting my Blog. Keep reading Ok?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s