The Cruise of The Black Pearl “Kopi Batursari”

Standar

Aku minta ijin dulu deh sama temen-temen KKN, temen-temen, bolehkah aku postingin hasil kerja kita yang membanggakan ini? Terima kasih ijinnya.

Kopi Batursari adalah Incredible Project dari mahasiswa-mahasiswi Unit 93 KKN PPM UGM (Cieh….Who is the Kormabid? Hueks…ciat ciat, sepatu-sepatu berhasil kutangkis…). Project ini diawali dengan dibentuknya sebuah Unit yang sepakat menjalankan program KKN Tematik di Desa Batursari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Setelah bloody job (lebay) dari mulai survey lokasi, pengajuan proposal, jualan buat nggalang dana, pake diomelin segala, belom lagi beban fisik dan mental karena kurang tidur mikirin program (gak segitunya kale..), akhirnya program disetujui dan lahirlah Unit bernomor 93. Karena namanya juga KKN PPM yang meaningnya Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat maka program yang dilaksanakan juga harus memberdayakan masyarakat. Dengan latar belakang itu, kami sepakat mengambil program pokok tema dari bidang Peningkatan Produksi (PP) alias bidang Agro dengan mengolah komoditas utama Desa Batursari Temanggung yaitu Kopi Robusta. Program PPT judulnya apa ya? “Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembentukan Unit Usaha Mandiri Produksi Kopi Bubuk di Desa Batursari Temanggung” klo gak salah. Keren kan? Program ini dilandasi oleh fakta dimana produksi buah kopi (kopi gelondongan) dan biji kopi di desa Batursari tinggi, namun belum ada pengolahan menjadi produk olahan yang dapat dijual ke konsumen akhir, padahal rata-rata masyarakat mampu memproduksi kopi bubuk dan peralatan yang tersedia memadai untuk produksi. Jadi disini, kita sepakat untuk membangun unit usaha yang dikelola masyarakat dalam hal produksi kopi bubuk Batursari.

Gak cuma judulnya aja yang keren, sub-sub program yang dijalankan juga keren, mulai dari pengonsepan dan formulasi produk, market research, desain kemasan, test market pembentukan keorganisasian, rancangan SOP, pelatihan produksi, pelatihan pengemasan, perijinan usaha, sertifikasi, pembentukan link pemasaran, dan banyak banget lagi sampai totalnya 32 sub program. Program ini bisa berjalan lancar berkat kerjasama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat yang antusiasmenya sungguh sangat luar biasa dan juga pihak-pihak pemerintah, kampus, dosen, serta dukungan sponsor baik secara moral dan material. Akhirnya…jreng jreng…terciptalah suatu produk kopi bubuk hitam yang nikmat, berkualitas tinggi, sudah terbukti dapat diterima pasar, memiliki kemasan yang keren, dengan harga yang terjangkau, dan sudah mendapatkan buanyak banget pujian dari orang-orang penting (Hoo po rik? Tenane?).

Detik-detik akhir KKN (bahkan sampai sekarang) difokuskan untuk pemasaran dengan mengikuti berbagai event pameran produk agroindustri di kecamatan Candiroto Temanggung, trus Pameran di Graha Sabha Pramana, trus buka-buka stand di Sunday Morning, dan stand di Saphir Square Jogja (dua event terakhir aku gak bisa ikutan, “Innocent mode on”). Sekarang “Black Pearl” kita udah makin merajalela apalagi sejak dia berhasil lolos dalam dua kategori di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2008 untuk kewirausahaan dan pengabdian masyarakat. Whooeesss…keren bangget…

Pokoknya Unit 93 boleh berbangga banget deh sama hasil kerjanya yang emang keren banget. Aku aja sebagai orang Bali (komoditas utama di Bali Kopi juga) berani bersumpah bahwa menurutku kenikmatan dan kualitas Kopi Batursari gak kalah dibandingkan Kopi yang paling ngetop disini deh, sebut saja Kopi Banyuatis atau Kopi Bola Dunia. Emang berkat resep sakti dari Ibu Kadus Legundi yang disempurnakan oleh hasil market research dan test market dari mbak Pegol, ditambah desain kemasan maut dari pakar-pakar kemasan kita Mas Yomi n’ Ika. Bikin our “Black Pearl” jadi makin merajalela.

At least, tulisan ini gak bakal sempurna tanpa iklan, siapa yang mau merasakan mautnya si Black Pearl Kopi Batursari (waduh, gak punya fotonya niy, laptop rusak), silahkan pesan ke Ika, boleh lewat aku juga di email, ponsel, lewat comment di blog ini juga boleh. Cukup Rp 5.500 untuk kemasan 100 gram dan Rp 9.000 untuk kemasan 200 gram (belom include biaya pengiriman jika jarak anda jauh).

Finnaly, thank you so much for visiting my blog. Keep reading ya!!

15 thoughts on “The Cruise of The Black Pearl “Kopi Batursari”

    • ary dhamayanti

      Sayang foto di laptop ilang semua karena kudu dinstal ulang sun, ntar aku minta ika dulu deh

    • Ary Dharmayanti

      waktu itu pernah balik main kesana.. tapi udah lama banget ga kesana lagi.. abisan sekarang lagi di luar pulau.. pengen banget sih kesana lagi.. btw, ini siapa ya? dari batursari kah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s