Pengen jadi Kentang, Telur, atau Biji Kopi?

Standar

Di awal kuliah Material Handling (Penanganan Bahan Agroindustri), dosenku Pak Makhmudun (Kepala Jurusan TIP UGM yang sekaligus juga DPA-ku) memberikan kuliah pendahuluan mengenai karakteristik beberapa bahan agroindustri yaitu Kentang, Telur, dan Biji Kopi yang ternyata punya filsafat penting berkaitan dengan kehidupan sebagai mahasiswa. Hmm….

Kentang memiliki tekstur yang keras, padat, dan pejal. Telur didalam cangkangnya memiliki tekstur lunak dan cair. Biji Kopi sangrai bertekstur keras dan berbentuk butiran beraroma harum.

So What? Tunggu… Dosenku berkata “Selanjutnya, mari kita berimajinasi untuk merebus ketiga bahan tersebut. Di akhir masa perebusan, adakah perubahan karakteristik dari ketiga bahan tersebut?”

Kentang berubah tekstur menjadi lunak dan gembur. Sebaliknya Telur justru menjadi padat. Sedangkan Biji Kopi Sangrai tetap menjadi dirinya sekaligus mengeluarkan rasa dan aroma kopi yang nikmat pada air rebusan. Wow…

So What lagi? Tunggu lagi… Perhatikan, hal yang terjadi pada ketiga bahan tersebut, persis seperti yang terjadi pada mahasiswa. Bisa saja, mahasiswa yang berkepribadian keras dan padat seperti kentang berubah menjadi gembur dan lembek pada akhirnya. Ada juga mahasiswa yang tadinya lembek akhirnya jadi keras seperti telur. Sedangkan biji kopi, dia tetap jadi dirinya bahkan membawa pengaruh baik bagi lingkungannya (maksudnya air rebusannya). Itu mahasiswa yang bisa berpengaruh baik bagi lingkungannya tanpa kehilangan jati dirinya. Hmm…

Yeah, yeah, yeah, kehidupan mahasiswa emang keras ya sob? Tapi mau jadi apakah kamu, it’s your choice. Umm, kira-kira aku yang mana ya?

Terakhir, thanks for visiting my blog. Keep Reading!!

4 thoughts on “Pengen jadi Kentang, Telur, atau Biji Kopi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s