Incredible Tale dari Tantri Kalpa “Singa buatan menelan pembuatnya”

Standar

Waktu aku kecil (mungkin kelas 1 atau kelas 2 SD), aku punya sebuah buku cerita yang keren banget. Sekarang sih bukunya udah ilang ga tau kemana…hik hik… Judulnya “Percikan Kebijakan”. Penulisnya Sandiwan Brata, Pr. Penerbitnya Kanisius kalau ga salah. Buku itu hadiah dari seorang teman baik ayahku, namanya Om Anton (Thanks banget Om Anton, BTW, sekarang kabar Om Anton gimana ya?). Berisi kumpulan cerita pendek (bener-bener pendek-pendek banget ceritanya) yang sarat makna. Sebagian besar adalah cerita Tantri Kalpa (dongeng anak-anak versi hindu), ada juga cerita Sutasoma dan cerita Islam berjudul Nyi Masyitoh. Jadi pengen cari lagi bukunya kalau masih ada. Ambisiku di masa depan sih belajar ceritanya langsung dari Tantri Kalpa dan sumber-sumber lainnya. Sapa tau, ada bagian penting yang terlewat olehku, sekalian juga melestarikan budaya bangsa Indonesia yang Incredible. Salah satu cerita yang aku ingat adalah “Singa Buatan Menelan Pembuatnya”. Ini salah satu cerita dari Tantri Kalpa. Aku akan mencoba menceritakannya kembali berdasarkan ingatanku. Boleh ga ya ini disebut “Kisah Smrti”? alias kisah yang disusun berdasarkan ingatan. Seperti kata “Weda Smrti”, Weda yang disusun berdasarkan ingatan. Hahaha…Whatever you say, ayo kita mulai cerita yang Incredible ini.
Alkisah di sebuah negeri, hiduplah empat bersaudara. Empat bersaudara itu berpisah untuk masing-masing menuntut ilmu ke tempat yang jauh. Setelah sekian lama mereka menimba ilmu dan memiliki keahlian masing-masing, keempat bersaudara itu kemudian berkumpul kembali. Mereka saling menceritakan keahliannya masing-masing kepada saudara-saudaranya yang lain. Saudara paling bungsu bercerita bahwa ia sanggup merangkai tulang belulang makhluk secara lengkap. Saudara ketiga bercerita bahwa jika si bungsu dapat merangkai tulang belulang makhluk, ia akan dapat melapisi tulang belulang itu dengan daging serta organ-organ lain menjadi jasad yang lengkap. Saudara kedua bercerita bahwa jika kedua adiknya sanggup melakukan hal itu, ia akan mampu melapisi jasad tersebut dengan kulit yang lengkap sehingga menjadi tubuh yang sempurna. Yang terakhir, saudara paling sulung bercerita bahwa jika ketiga adiknya sanggup menyusun tubuh makhluk dengan lengkap, maka ia akan sanggup untuk memberikan kehidupan pada makhluk itu. Untuk membuktikan keahlian mereka berempat, maka kemudian mereka berencana untuk membuat sebuah makhluk yang hidup. Saudara bungsu mengumpulkan tulang belulang di hutan dan menyusunnya menjadi sebuah kerangka lengkap. Saudara ketiga kemudian melengkapi rangka itu dengan daging dan organ-organ yang lengkap. Saudara kedua kemudian melapisinya dengan kulit. Setelah tubuh yang sempurna terbentuk, ternyata itu adalah tubuh seekor singa yang besar dan kuat. Kini giliran saudara sulung yang harus membuktikan keahliannya. Si sulung sempat berpikir bahwa jika singa itu hidup, nyawa mereka berempat akan terancam. Namun, bila dia tidak menghidupkannya, maka ketiga saudaranya akan mengejeknya dan tidak akan percaya pada keahliannya. Akhirnya, keputusan yang dibuat oleh si sulung adalah menghidupkan singa itu. Segera setelah dihidupkan, serta merta singa itu mengaum dan dengan buas meyerang dan memakan keempat pembuatnya.
Huff… selesai. Cerita yang Incredible. Berdasarkan pengamatanku, cerita ini kemudian memberikan inspirasi kepada banyak cerita-cerita lain yang serupa. Sebut saja film “Jurassic Park”, ada cerita tentang professor yang membuat Dinosaurus hidup dengan cara menyusun tubuh dari replica genetic dinosaurus purba dalam darah yang ditemukan dalam tubuh nyamuk purba. Sudah pasti, beliau adalah seorang Incredible, karena membuat Dinosaurus bukanlah perkara umum yang dilakukan kebanyakan orang. Walaupun pada akhir ceritanya, T-rex tidak memakan sang professor, tapi sangat banyak orang yang celaka karena perbuatan professor itu. Banyak banget malapetaka Incredible yang sudah terjadi gara-gara penciptaan incredible itu. Sangat penting bagi kita (baik yang sudah jadi incredible ataupun yang akan jadi incredible) untuk mengingat bahwa menjadi incredible bukan berarti harus menentang hukum alam, bukan berarti harus mengabaikan segala akibat dari keputusan-keputusan incredible yang akan kita buat. Jauh lebih baik menjadi orang biasa-biasa saja yang tidak mencelakakan orang lain dari pada jadi incredible yang mencelakakan banyak pihak. Setuju?
Finally, thank you so much for visiting my blog yah. Keep reading.

4 thoughts on “Incredible Tale dari Tantri Kalpa “Singa buatan menelan pembuatnya”

  1. MonDay

    aku juga suka cerita2 dongeng hehehe
    kalo baca koran bali post hari minggu
    tak ketinggalan membaca kisah-kisah made taro si juru cerita
    atau di kompas juga ada asuhan bobo, seru!!!^^

    • ary dhamayanti

      owh, jadi kamu sangat suka dongeng ya? jangan kuatir klo gitu, aku akan menceritakan lebih banyak lagi dongeng-dongeng padamu nak…. (jadi kayak ibunya aja niy), sekarang aku lagi ngarang dongeng tentang pangeran yang super jaim. Bagus deh, kamu pasti dejavu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s