My Name

Standar

Waktu aku lahir, almarhum kakekku memberikan nama “Putu Ary Dhamayanti” (bagus ya?). Nama Putu dalam tradisi Bali diberikan kepada anak pertama. Nama Ary berasal dari kata “Arya” yaitu nama yang diturunkan dari keluarga ayahku, sudah menjadi tradisi keluarga menggunakan nama Arya secara turun temurun, di Bali disebut nama kawitan, dimana “wit” berarti asal. Itu karena leluhurku adalah seorang Arya yang bergelar “Sira Arya Kebon Tubuh”, abdi kerajaan Klungkung Bali jaman dulu yang sering bertempur dalam peperangan. Cieh….ada darah prajurit nih, pantesan waktu kecil aku suka banget maen perang-perangan, hwikikik. Menurut kakekku, karena aku perempuan, nama Arya kayaknya kurang sesuai, dan akhirnya jadilah Ary.

Nama yang sepenuhnya milikku (bukan tradisi) cuma satu kata, “Dhamayanti”. Pendek…. But I love my name. Aku mendeklarasikan diriku untuk punya nama panggilan “Arik” karena menurutku, kedengeran akrab dan bersahabat. Hehehe… Waktu masih cadel, aku menyebut namaku “Ayik” (kan belum bisa ngeja “R”). Sekarang walau aku udah segede ini, Ibuku masih selalu saja manggil aku Ayik. Parahnya, ini sering jadi bahan ledekan teman-temanku yang suka ikut-ikutan manggil Ayik. Hu..uh…

Nama Dhamayanti sendiri digunakan di sekolah. Guru-guru dan dosen-dosen kebanyakan memanggil aku Dhamayanti. Mungkin biar lebih formal gitu, atau biar ga salah panggil, soalnya nama Ary kan pasaran banget (seribu tiga, seribu tiga, hihihi). Agak ngerasa aneh sih dipanggil Dhamayanti. Tapi, emang kedengeran lebih anggun dan berwibawa, cocok buat manggil anak keren kayak aku. Huahaha….. hubungane opo?

Dari kecil, aku bertanya kemana mana, Dhamayanti artinya apa sih? Diceritakan bahwa Dhamayanti diambil dari nama salah satu tokoh dalam epos Mahabarata. Terdapat sepasang kekasih yang bernama Nala dan Dhamayanti. Sepasang kekasih itu merupakan salah satu ikon Lovers seperti Romeo n’ Juliet, atau Rama dan Shinta, ya semacam itulah. Baca yah postingan “Nala – Damayanti”, disitu aku ceritain. Itu sih asal namanya, tapi walaupun aku udah cari tau sana sini di banyak site yang mengulas arti nama, aku masih belum menemukan arti Dhamayanti yang sebenarnya. Ada yang tau? Kamu sendiri, tau ga arti nama kamu?

2 thoughts on “My Name

    • ary dhamayanti

      wah, masa? berarti kita saudara jauh… kamu suka nangkil ke kelungkung juga gak kalau odalah? kapan2 bisa ketemu.. hehehe… tinggal dimana? bali?

Tinggalkan Balasan

