Klepon – Kue Tradisional untuk Pelajaran Moral

Gambar

Kue Klepon

Kenal Kue ini? Yeap, ini adalah kue klepon. Kue tradisional asli Indonesia. Kue yang terbuat dari adonan tepung ketan yang biasanya diberi warna hijau dari pewarna alami daun suji. Adonan diisi potongan gula merah dan kemudian dibentuk bulat, selanjutnya dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih sampai matang dan mengapung ke permukaan. Kue klepon umumnya disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya. Ukurannya sangat pas untuk dimakan sekali suap.

Yang begitu  istimewa dari kue klepon ini adalah potongan gula merah di dalam kue yang meleleh setelah dipanaskan. Jadi, begitu kue ini dimakan dan digigit di dalam mulut, maka gula cair di dalam kue akan keluar dan menciptakan sensasi yang unik di dalam mulut. Kue klepon ini sudah membuat banyak yang tak mengerti cara pembuatannya menjadi penasaran. Bagaimana cara memasukkan sirup gula ke dalam bulatan kue. Terutama orang bule. Hihihi. Padahal caranya sangat sederhana.

Keunikan karakter gula cair di dalam kue klepon ini juga mengandung pelajaran moral. Bisa menebak? Hihi. Pelajaran moralnya adalah pembiasaan untuk tidak mengunyah dengan mulut terbuka. Bisa dibayangkan bila makan kue klepon ini sambil mengunyahnya dengan mulut terbuka? Ya, pastilah gula cair dalam kue akan muncrat kemana-mana, dan hal itu akan memalukan. Budaya kita yang agung mengajarkan untuk makan dengan sopan, salah satunya dengan mengunyah dengan mulut tertutup, tidak bicara sambil mengunyah, tidak menghasilkan suara dari katupan bibir saat mengunyah, dan lain sebagainya. Hmm.. mungkin saja (hanya sekedar mungkin), leluhur kita merancang kue klepon ini sebagai terapi bagi kita keturannya untuk belajar cara makan yang sopan, salah satunya dengan tidak mengunyah makanan dengan mulut terbuka.😀

Thank you so much for visiting my blog. Keep coming😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s