10 Langkah Mengatasi Flu

Standar

flu

Dalam tulisan kali ini, saya hendak berbagi langkah-langkah mengatasi flu berdasarkan pengalaman pribadi saya. Karena tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi jangan minta garansi atau pertanggungjawaban apa-apa ya. Apalagi, ini sekedar saran saja. Hehehe.

Influenza atau Flu atau yang juga dikenal dengan Pilek kabarnya dapat menyerang kita sebulan sekali begitu kondisi kekebalan tubuh kita menurun. Begitu anda merasakan gejala flu seperti meriang, hidung tersumbat, pusing, demam, dan sebagainya, dimanapun anda berada, berusahalah segera untuk pulang ke rumah. Percayalah, tidak ada hal terbaik selain istirahat untuk mengatasi flu.

Setelah anda tiba di rumah, lakukanlah hal-hal berikut :

  1. Mandi Air Hangat

Pepatah lama yang abadi kebenarannya mengatakan “Bersih pangkal Sehat”. Seringkali virus flu berasal dari lingkungan yang kurang higienis (debu, asap, dan sebagainya). Karena itu, hal pertama yang bisa kita upayakan adalah kebersihan. Mandilah dengan air hangat. Selain membersihkan, mandi dengan air hangat juga bisa memberi rasa nyaman dan kehangatan. Mandilah tidak dengan terburu-buru dan usahakan untuk mandi lebih seksama dari biasanya. Jangan lupa untuk mencuci rambut dan mengosok gigi. Saya sarankan menggunakan sabun antiseptik untuk mematikan virus flu yang mungkin melekat di tubuh anda. Jika diperlukan, gunakan pengering rambut agar anda tidak harus tidur dengan rambut basah setelah mandi.

  1. Cuci Tangan

Ini juga sangat penting dilakukan karena sebagian besar bakteri dalam tubuh berada di tangan. Cucilah tangan dengan sabun antiseptik, dan bersihkan sela-sela jari tidak kurang dari 20 detik agar khasiatnya efektif.

  1. Mengganti Keseluruhan Pakaian dengan Pakaian Bersih

Tentu saja yang saya maksud bukanlah mengganti seluruh pakaian di lemari anda. :p Yang saya maksud adalah mengganti seluruh pakaian yang anda kenakan dengan pakaian yang bersih. Usahakan pakaiannya juga sudah disetrika (karena menyetrika pakaian juga sangat membantu mematikan serangga mikro atau kuman pada pakaian). Jangan kompromi!!! Gantilah seluruh pakaian anda, baik pakaian dalam maupun pakaian luar. Ini dilakukan untuk meminimalkan infeksi ulang kuman yang mungkin masih berada pada pakaian yang anda gunakan sebelum mandi. Selain itu, memakai pakaian yang bersih juga meningkatkan kenyamanan. Gunakan pakaian yang longgar dan minim tekanan untuk membantu anda merasa santai dan nyaman.

  1. Menggunakan Minyak Gosok Hangat

Flu juga disebabkan oleh cuaca dingin. Hangatkan tubuh dengan menggunakan balsam, minyak kayu putih, atau minyak gosok lainnya pada dada, perut, dan punggung. Minyak gosok hangat juga dapat membantu menghangatkan otot dan sendi sehingga meringankan rasa sakit, nyeri, atau pegal pada saat terkena flu. Saya sendiri suka mengguakan produk Vic*s Vaporub untuk menghangatkan dada sekaligus melegakan hidung tersumbat dengan menghirup uapnya.

  1. Minum Teh Rempah Hangat

Teh hangat akan sangat bermanfaat menghangatkan perut dari dalam. Tambahkan rempah yang anda suka untuk meningkatkan khasiatnya, seperti kayu manis, jahe, atau madu. Untuk saya, suhu terbaik teh hangat untuk mengatasi flu adalah 65oC.

  1. Makan Sup Ayam Hangat

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makanan terbaik untuk mengatasi flu adalah sup ayam. Begitu pula yang saya rasakan. Pada saat flu, anda mungkin merasakan kurang nafsu makan. Karenanya, sup ayam adalah makanan yang sangat bersahabat dan tidak merepotkan. Kaldu ayam juga dapat merangsang nafsu makan sehingga anda bisa makan lebih banyak. Bahan-bahan bergizi dalam sup ayam juga akan sangat membantu pemulihan kondisi tubuh. Untuk memperkaya kandungan karbohidratnya, tambahkan jagung manis atau tepung maizena (jadi sup krim). Jika anda seorang vegetarian, anda bisa mengganti sup ayam dengan sup jamur kancing.

  1. Meminta Pelukan dari Orang Terkasih

Secara psikologis, perasaan diperhatikan, dicintai, dan disayangi, akan sangat membantu pemulihan anda. Karena itu, jangan segan untuk meminta pelukan dari orang yang anda cintai setidaknya selama 20 detik. Mintalah juga orang terkasih anda untuk mengusap atau memijat sedikit punggung anda dan membelai rambut anda. Jika anda sedang berada jauh dari orang-orang yang anda cintai, gunakanlah telepon untuk berkomunikasi dengan mereka. Percayalah, ini akan meningkatkan mood anda, membantu anda merasa jauh lebih baik, dan membantu anda tidur lebih nyenyak.

  1. Banyak Minum Air Hangat

Kemungkinan kita akan kehilangan lebih banyak cairan tubuh ketika anda sedang terserang flu. Dan ini bisa menyebabkan tenggorokan kering bahkan terasa sakit. Karenanya, lebih banyaklah konsumsi air hangat. Banyak minum air hangat juga dapat membantu membuang panas melalui urin dan membantu menurunkan demam.

  1. Mengganti Sprei, Sarung Bantal, dan Selimut dengan yang bersih

Masih terkait dengan kebersihan, sebelum istirahat di tempat tidur, usahakan untuk mengganti sprei, sarung bantal, dan selimut dengan yang bersih untuk membantu anda lebih nyaman istirahat dan mencegah infeksi bakteri.

  1. Istirahat/Tidur yang cukup

Langkah terakhir, istirahatlah dengan nyaman di tempat tidur. Sebelum tidur, usahakan untuk bermeditasi mengatur nafas anda dan melepaskan beban pikiran anda serta lebih berkonsentrasi pada hal-hal yang menyenangkan. Jangan lupa berdoa untuk kesembuhan dan pemulihan kesehatan anda.

Demikian tips dari saya. Jika ke sepuluh tips tersebut tidak bekerja, atau anda merasakan gejala-gejala yang tidak wajar, sebaiknya anda segera menghubungi dokter. Oke, mudah-mudahan  tips saya kali ini bermanfaat. Terima kasih untuk mengunjungi blog saya. Have a lovely day and…. Keep coming.😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s