Mensyukuri 2014 dan Menyambut 2015

Standar

2014-numbers-happy-2014-wallpaper-new-year-image-1024x768

Mungkin sudah sekitar tiga tahun terakhir ini saya alpa membuat catatan akhir tahun. Padahal, sebelumnya saya sangat rajin membuatnya. Setelah semua pencapaian dalam satu tahun, moment-moment penting, rasanya sayang sekali jika melewatkan saat-saat kita bisa flash back dan mensyukuri segala hal yang sudah terjadi dan membuat komitmen-komitmen baru untuk tahun berikutnya. Karena itulah, sejak saat ini, saya akan kembali memulai kebiasaan baik ini. Yaitu membuat catatan akhir tahun.

Tahun 2014 ini adalah setahun penuh dimana saya kembali tinggal di rumah bersama keluarga saya. Ayah, Ibu, dan Adik-Adik. Tahun dimana saya berkomitmen sepenuhnya untuk fokus pada bisnis keluarga kami. Tahun dimana saya memutuskan untuk meletakkan sementara peluang-peluang lain dengan segala konsekuensi dan resikonya. Tahun yang penuh kegilaan, dan pencapaian-pencapaian tidak terduga. Tahun yang membawa perubahan besar yang sangat signifikan. Tahun yang penuh keajaiban. Dan akhirnya, tahun yang ditutup dengan sangat menakjubkan. Yeah. Bisa dibilang, ini mungkin tahun terbaik dalam seumur hidup saya.

Oke. Mungkin saya bisa sedikit me-review tentang pencapaian bisnis saya di tahun ini :

  1. Bangunan Workshop Baru untuk Produksi seluas 13×5 m2
  2. 3 Unit Mesin Drum Proses baru berkapasitas 500lembar/batch dan beberapa alat produksi lainnya (yang nilainya cukup besar juga sih).
  3. Menjadi pemenang dalam program kompetisi bisnis “Berani Jadi Milyarder” di Metro TV
  4. Liputan oleh Metro TV (Program B-News), Nirwana TV, dan beberapa media cetak lokal serta Radio.
  5. Mengikuti berbagai pameran (Buleleng Festival, Pameran Pembangunan Pemprov Bali, Pameran+Fashion Show di Ulang Tahun Bank Indonesia, Pameran di 25th Anniversary PT. Sarana Bali Mikro Ventura di Jakarta).
  6. Mengadakan pelatihan, menerima PKL mahasiswa, menerima kunjungan dari siswa SMP, SMK, mahasiswa, dosen, dinas, dsb.
  7. Menjadi salah satu pemakalah dalam Simposium Nasional “Pengelolaan Perikanan Tuna Berkelanjutan” dengan WWF sebagai penyelenggaranya.
  8. Membangun jaringan bisnis yang jauh lebih luas

Dan yang akan sangat signifikan membawa perubahan besar di tahun berikutnya

  1. Memperoleh modal usaha dari kemenangan BJM

Selain pencapaian dalam bisnis atau karir. Saya juga telah mengembangkan diri dengan mulai belajar dua keterampilan baru. Menulis cerpen dengan serius, dan belajar hoop dancing. Ada rencana target pencapaian dalam dua keterampilan ini di tahun depan. Selain itu, ada banyak juga keterampilan-keterampilan lain yang rencananya akan saya pelajari juga di tahun depan. Mudah-mudahan target saya bisa direalisasikan.

Ada banyak perubahan yang juga saya rasakan dalam kematangan emosional. Saat ini, saya sudah jauh lebih dewasa dibandingkan awal tahun kemarin. Ya, walaupun masih perlu ditingkatkan lagi sih. Tapi saya merasa sudah bisa lebih tenang dan lebih kalem menghadapi masalah dan bisa tetap berkonsentrasi untuk mencari solusi dibandingkan mengeluh, galau, atau panik. Saya bisa lebih fleksibel dan belajar mentoleransi atau berdamai untuk menerima hal-hal yang tadinya sangat mengganggu saya. Intinya, saya sudah jauh lebih sabar dan bijaksana di akhir tahun ini. Pencapaian ini tentunya tidak saya peroleh begitu saja. Ada banyak hal yang terjadi yang akhirnya membawa saya kesini. Amat sangat banyak. Konflik, perpisahan, pertemuan, investasi perasaan, kehilangan, dan segala hal lainnya. Yang pada akhirnya, semuanya adalah pembelajaran, pendewasaan diri, dan pengalaman spiritual yang tidak ternilai harganya. Tuhan selalu punya cara untuk memaksa saya menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Hal yang juga sangat saya cintai dari 2014 ini adalah bahwa saya tidak hanya maju seorang diri, tapi juga bersama-sama dengan seluruh keluarga saya. Saya bisa melihat perkembangan-perkembangan dan perubahan besar dari setiap kami, pandangan dan rencana-rencana yang semakin visioner, dan semuanya. Yang mungkin paling berharga dari segalanya adalah kebersamaan kami, kesamaan visi, kerjasama yang semakin solid dalam peran masing-masing, dan kasih sayang satu sama lain untuk saling menguatkan dan merawat perasaan. Saya sangat mencintai tahun ini. Tahun yang penuh dengan kecemerlangan. Penuh keberkatan dari Tuhan.

Ada banyak rencana di 2015 yang sudah saya susun dalam catatan pribadi saya. Dan saya berharap semuanya akan tercapai di tahun depan. Atas ijin Tuhan, kerja keras, dan kepedulian terhadap sesama.

I’ll spread my wings and I’ll learn how to fly. I’ll do what it takes, ‘till I touch the sky. I’ll make a wish, take a chance, make a change, and breakaway.” Kelly Clarkson – Breakaway.

*seperti biasa, dinyanyikan dengan penuh kesyukuran, dada yang bergetar karena semangat, dan mata yang berkaca-kaca dalam keharuan* Hahaha

Saya berharap, ini tahun yang indah untuk seluruh alam semesta. Kalaupun bukan, mudah-mudahan semua bisa memaknainya dengan indah sesuai dengan caranya masing-masing. Karena sesungguhnya, “Hidup adalah 10% peristiwa yang terjadi, dan 90% cara kita bereaksi terhadapnya.” Akhir kata. Selamat Menyambut Tahun Baru. Selamat menjadi pribadi baru yang jauh lebih baik di tahun berikutnya. Thank you for coming. See you in Ja-New-Ary :p

Tinggalkan Balasan

