Filsafat Empat Kuda

Standar

Singaraja, 23 Februari 2015

Sebagai penggemar cerita-cerita kriminal terutama novel-novel Agatha Christie, saya sangat menyukai serial Body of Proof yang ditayangkan channel Fox Crime. Tidak hanya hiburan untuk otak, dalam cerita-cerita kriminal, kita akan sering menemukan filsafat-filsafat unik dan dalam.

Di salah satu episode serial Body of Proof season 2, tapi saya lupa judulnya, ada filsafat sangat bagus yang saya dengar. Pada episode tersebut, Dr. Megan Hunt sedang menyelidiki sebuah kasus pembunuhan seorang atlet penunggang kuda professional. Di tubuh korban, Dr. Megan Hunt menemukan tattoo bergambar sebuah lambang empat kuda. Sebagai penyelidik, tentu Dr. Megan Hunt tidak akan melewatkan satu pun hal yang mungkin dapat memberikan petunjuk, seperti halnya tattoo tersebut yang juga diselidikinya walau pada akhirnya tattoo tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan kasus pembunuhan.

Ternyata, lambang empat kuda tersebut melambangkan filsafat empat kuda yang berasal dari nasehat Budha. Isi filsafatnya sangat menakjubkan. Kira-kira seperti ini :

  1. Kuda terbaik akan bergerak sebelum cambuk mengenai tubuhnya
  2. Kuda yang cukup baik akan bergerak dengan sentuhan sedikit saja
  3. Kuda yang kurang baik baru akan bergerak setelah merasa kesakitan
  4. Sedangkan Kuda terburuk tetap tidak akan bergerak walau cambuk telah menembus punggungnya

Bagi saya, filsafat ini sangat mengagumkan sekaligus mencerahkan. Ini tentang pilihan hidup dan bagaimana setiap orang memahami situasi yang menimpanya. Sedikit orang yang tidak perlu pengalaman untuk belajar kebaikan, sebagian kecil hanya membutuhkan pengalaman sedikit saja untuk belajar banyak dan mau berubah, banyak orang baru akan berubah setelah kondisi memaksanya, dan sebagian lagi tetap tidak mau berubah seburuk apapun situasinya.

Kadang-kadang saya merasa masih bersikap seperti kuda ketiga, dan saya sangat berharap bisa mendewasakan diri saya lagi sehingga saya bisa menjadi kuda kedua, yang nantinya akan meningkat lagi sampai kuda pertama.

Tinggalkan Balasan

