Market Research & Test Market

Standar

success1

Market Research dan Test Market, dua-duanya adalah tools yang dapat membantu pemasaran. Mari kita bahas bersama.

Market Research adalah Penelitian untuk mengetahui harapan-harapan konsumen terhadap produk yang akan diproduksi. Market Research sangat bermanfaat untuk memperoleh data yang akurat untuk membantu mendesain produk, karena tidak selamanya desain produk yang dibuat oleh perusahaan benar-benar sesuai dengan Harapan-harapan konsumen ini bisa dicari tahu melalui kuisioner dengan responden sampel konsumen yang ditargetkan.

Hasil kuisioner ini kemudian dirangkum dan dimanifestasikan dalam desain produk yang disesuaikan dengan keinginan-keinginan konsumen.

Test Market adalah Penelitian untuk mengetahui seberapa besar tingkat penerimaan konsumen terhadap produk yang telah ada, karakter-karakter apa saja yang sudah diterima, karakter apa yang kurang diterima, dan karakter apa yang sepenuhnya ditolak. Data untuk penelitian Test Market ini juga dapat diperoleh dengan kuisioner, yang kadang juga bisa dibarengi dengan uji organoleptik. Data-data yang diperoleh dalam test market ini dapat digunakan untuk memperbaiki desain produk sehingga lebih sesuai dengan yang keinginan konsumen.

Market Research dilakukan sebelum proses produksi (pra produksi) sedangkan Test market dilakukan setelah produk sudah jadi (post produksi).

Untuk mempermudah memahami tools ini, mari kita membuat contoh :

Suatu perusahaan ingin membuat sebuah produk jelly buah dengan dua macam rasa buah

1. Market Research :

Contoh pertanyaan kuisioner : Rasa buah apa yang paling anda inginkan ada dalam produk jelly? (bisa dengan pilihan ataupun isian)

Hasil kuisioner : 2 peringkat teratas adalah Jeruk dan Sirsak

2. Desain Produk : didesain produk jelly buah dengan rasa jeruk dan sirsak berwarna oranye dan putih

3. Test Market + Uji Organoleptik :

Contoh pertanyaan kuisioner : Tingkat keasaman jelly (pilihan dengan skala, kurang asam sd terlalu asam), Tingkat kemanisan jelly (pilihan dengan skala, kurang manis sd terlalu manis), Warna produk (pilihan dengan skala, terlalu gelap sd terlalu terang)

Hasil kuisioner : jelly terlalu asam, kurang manis, dan warna terlalu pekat

4. Perbaikan desain produk : disesuaikan dengan hasil test market

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s